Latest News

Oleh-oleh KUE Khas dari 7 Kota di Indonesia

Indonesia memiliki beragam kuliner yang khas. Bukan hanya makanan beratnya aja yang enak, tapi makanan ringannya seperti kue juga enak, lho! Seperti kue yang dimiliki oleh ketujuh kota di bawah ini. Selain rasanya enak, bentuk dan warnanya juga menggoda selera. Siap-siap ngiler deh, dengan rekomendasi kue-kue enak yang akan kita sajikan tentang Oleh-oleh KUE Khas dari 7 Kota di Indonesia!




1. COKRO TELA CAKE, YOGYAKARTA

Berkunjung ke Yogyakarya memang paling pas berwisata kuliner seperti gudeg. Kalau kamu sudah kenyang makan gudeg,  kamu bisa cicipi lezatnya kue singkong di Cokro Tela Cake. Umumnya, kue terbuat dari tepung terigu, tapi di Cokro Tela Cake justru menggunakan tepung singkong sebagai bahan utamanya. Penasaran? Datang aja ke Cokro Tela Cake di jalan Hos Cokroaminoto no. 97. Saat ini, sudah tersebar tujuh toko lainnya di Yogyakarta.


Walaupun olahan singkong identik dengan “makanan kampung”, tapi singkong bisa disulap menjadi sajian modern yang menggoda. Kamu bisa memilih jenis kue singkong yang dikukus atau panggang. Variasi rasanya pun beragam, mulai dari pandan keju, cokelat, green tea, blueberry hingga mocca untuk kue tela kukus. Sedangkan, untuk kue tela panggang, kamu bisa memilih rasa keju, almond, dan ubi ungu. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 25-39 ribu*. Selain enak di mulut dan di kantung, singkong juga mengandung kandungan gizi tinggi yang baik untuk pencernaan, penderita autis, diabetes, serta kesehatan jantung.

Kalau kamu penasaran dan berada di luar kota Yogyakarta, tunggu apa lagi?

2. KEK PISANG VILLA, BATAM

Manjakan lidah kamu dengan kenikmatan Kek Pisang Villa yang sudah tersohor menjadi oleh-oleh khas kota Batam. Sesuai dengan namanya, buah pisang menjadi bahan utama kue yang digunakan sang pemilik, Denni Delyandri. Buah pisang dikolaborasikan dengan bahan lainnya hingga melahirkan citra rasa yang unik seperti black forest, blueberry, buah naga, pandan keju, brownies, choconut, dan yang rasa original pun juga ada. Harga yang dipasarkan pun nggak mahal, sekitar 45-50 ribu*.

Jika kamu berencana pergi ke Batam, kamu bisa mampir ke Kek Pisang Villa di Ruko Nusantara Golden Blok A no. 2 & 3. Adapun outlet-outlet lainnya di Sei Panas, Citra Buana, Sagulung, Batu Aji, Tiban, Bandara Hang Nadim, Nagoya, Botania, dan Penuin. Kamu nggak akan deh nyesel nyobain Kek Pisang Villa.

3. BOLU MERANTI, MEDAN

Belum ke Medan namanya kalau belum cobain bolu Meranti yang sudah nggak asing lagi di telinga pecinta kuliner. Penyajian kue yang digulung ini memang menjadi ikon utama oleh-oleh khas Medan. Beragam jenis, harga, dan rasa bisa kamu pilih seperti jenis standar (tanpa toping) seharga Rp 70 ribuan*, sedangkan untuk toping keju dan coklat, harganya Rp 90-95 ribuan*. Aneka rasa bolu Meranti pun beragam seperti rasa keju, nanas, mocca, stroberi, kacang, capuccino, dan blueberry. Kalau mau jenis lain, juga ada bolu Meranti spesial rasa abon ayam seharga Rp 90 ribuan*.

Biar lebih mantap, sebaiknya kamu makan bolu Meranti yang langsung beli di Medan. Bolu Meranti memiliki dua toko di jalan Sisingamangaraja no. 19 B dan di jalan Kruing no. 2K, Medan. Buat kamu yang berada di luar kota Medan

4. LAPIS BOGOR SANGKURIANG

Dulu, kebanyakan orang beli talas sebagai oleh-oleh khas Bogor. Sekarang, orang-orang lebih suka beli kue yang terbuat dari talas sebagai oleh-oleh khas Bogor. Lapis Bogor Sangkuriang merupakan produsen pertama lapis talas di kota hujan tersebut. Nggak jarang kalau akhir pekan atau musim liburan tiba, banyak wisatawan yang menghujani toko ini. Nggak perlu takut kehabisan, karena tersedia dua outlet Lapis Bogor Sangkuriang yaitu di Komplek Ruko Bantar Kemang, jalan Padjajaran no. 20 dan jalan Kh. Soleh Iskandar Raya no. 18 C. Selain di Bogor, ada juga outlet yang dibuka di Cibinong dan Puncak.

Dengan bahan dasar tepung, talas menciptakan rasa yang khas dan tekstur yang lembut. Penampakan lapis talas pun begitu cantik dengan perpaduan warna ungu dan kuning, serta dilengkapi parutan keju di atasnya. Tersedia juga beragam varian rasa seperti green tea, durian talas, brownies talas, tiramisu, coklat, hingga rasa yang terbaru yaitu cocopandan. Harga yang ditawarkan pun luar biasa murah, hanya Rp 29-33 ribu*.

Kalau sudah sampai di Bogor, tentu lebih enak menginap, nih! Banyak obyek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi seperti Kebun Raya Bogor, The Jungle dan Jungle Fest.

5. BROWNIES KUKUS AMANDA, BANDUNG
Berbicara soal brownies, sudah pasti kota Bandung juaranya. Kue brownies yang paling terkenal adalah Brownies Amanda yang dibuat dengan cara dikukus. Nggak heran kalau kue coklat ini menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu nggak akan kesulitan mencari kue brownies Amanda karena mudah ditemukan di Bandung. Saat ini, variasi rasanya pun beragam, seperti brownies kukus green (toping coklat beraroma melon), pink (toping coklat stroberi), hingga tiramisu. Harga brownies kukus Amanda juga bervariasi, sekitar Rp 40-70 ribuan*.

Buat kamu yang berada di luar Bandung, kamu bisa berburu kue brownies, sambil menjelajahi kota kembang.

6. BOLU BATIK, PADANG

Berburu oleh-oleh pakaian atau kain batik di kota-kota di Indonesia tentu sudah biasa, lalu bagaimana dengan berburu kue bolu bermotif batik? Travelers pasti akan dibuat heran dan terkesima oleh rupa bolu batik yang super cantik ini. Kue bolu batik bisa didapatkan di kawasan Nurul Iman, kecamatan Padang Selatan atau sudah tersedia di seluruh pusat oleh-oleh di kota Padang. Mengingat banyaknya peminat kue bolu ini, nggak heran kalau bolu batik karya Desy sudah ludes terjual meskipun hari masih siang.

Tersedia 12 jenis motif batik yang terinspirasi dari daerah-daerah di Indonesia seperti batik Minang, batik Jawa hingga batik Kalimantan. Melukis motif batik di adonan kue tentu bukan hal yang mudah. Karena, dibutuhkan komposisi adonan yang tepat, kreativitas, dan ketelitian. Dengan dilapisi selai stroberi atau blueberry, bolu batik ini nggak hanya manis dipandang tapi juga di lidah. Soal harga, kamu nggak perlu cemas, cukup dengan harga Rp 60 ribu*.

Nah, kalau kamu tertarik dan penasaran, segera kemasi pakaian kamu dan langsung terbang ke Padang, yuk!

7. LAPIS LEGIT HARUM, BALI


Bosan dengan oleh-oleh khas Bali yang gitu-gitu aja seperti pie susu? Kamu bisa coba lapis legit di Harum Cake and Cookies. Bahan-bahan yang digunakan pun berkualitas, sehingga rasa dan aromanya nggak ada duanya. Lapis legit Harum memiliki keunikan tersendiri karena tersedia dalam berbagai variasi rasa seperti original, kopi, coklat, kismis, kurma hingga green tea.

Berbicara soal harga, bergantung pada jenis rasa dan bentuk kue (kotak atau bulat), untuk lapis legit bulat harganya berkisar Rp 140-175 ribu*, sedangkan yang kotak Rp 230-290 ribu*. Lapis legit Harum baru diproses berdasarkan pesanan. Kalau kamu mau coba, harus pesan dulu, ya!

Mencicipi oleh-oleh khas Bali, nggak lengkap rasanya jika nggak sekalian berlibur!

*Harga berlaku saat artikel ini dibuat - sewaktu2 dapat berubah ya guys ;) cheer's and happy holidays