Latest News

Tempat Wisata di Ciwidey

Keindahan dan kesejukan yang saya rasakan di ciwidey merupakan pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan, pegunungan dan hamparan perkebunan teh yang terlihat sepanjang mata memandang ketika kita berada tepat diatas perkebunan teh di Ciwidey sangat cocok buat kamu yang suka berfoto atau selfie tentunya.



Daerah Ciwidey yang tepatnya berada di kabupaten Bandung (Bandung Selatan) ini dan merupakan sebuah tempat wisata yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan selain Lembang yang ada di Bandung Utara. Ciwidey menyajikan wisata alam yang sangat menarik, apa saja Tempat Wisata yang ada di Ciwidey yang perlu kamu kunjungi. Tentunya untuk menikmati perjalan wisata ke ciwidey sangat disayangkan sekali kalau cuma menghabiskan waktu dalam 1 hari saja, saya sarankan idealnya 2-3 hari baru akan terasa indahnya berwisata disini. Nah buat kamu yang ingin berwisata ke ciwidey, saya akan berikan informasi Tempat Wisata di Ciwidey Bandung dari yang paling bawah sampai lokasi wisata paling ujung di Ciwidey.

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung


1. Ciwidey Valley | Ciwidey Valley Hot Spring Water Park
Jl. Raya Batutunggul, Ciwidey KM 17 (500 m sebelum kawah Putih) West Java- Indonesia

Ciwidey Valley merupakan wahana wisata baru yang ada di Ciwidey dengan fasilitas yang sangat lengkap. Namun saat saya berwisata kesini pemandian kolam air hangatnya masih belum siap, sayang sekali ya, padahal saya ingin sekali untuk merasakan mandi air hangat Ciwidey Valley. Katanya sih masih dalam proses karena ada kendala teknis yang belum siap.


Harga Tiket Masuk Area Rp.10.000 (Free softdrink) masih termasuk murah tentunya, sedangkan untuk Harga Tiket Kolam Renang Rp.40.000. Selain kolam renang Ciwidey Valley juga memiliki fasilitas yang bisa kita nikmati yaitu Camping Ground, Cottage, Lembah Ciwidey Restoran, Rumah Burung, Ruang Meeting dan Taman Bermain. Untuk datang kesini kamu bisa hubungi langsung kesini  022.95920222 - 022.85920333 untuk Fax di : 022.85920621.

2. Kawah Putih
Jl. Raya Ciwidey - Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973, Indonesia

Pesona keindahan kawah putih memang tidak bisa diragukan lagi, Wisata Alam yang satu ini memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri apalagi buat kamu yang pre-wedding cocok banget buat ambil foto pre-wedd kamu disini.

Nah untuk dapat masuk ke Kawah Putih, pihak kawah putih sendiri menaikan harga tiket masuk sejak 2015 lalu sesuai dengan naiknya harga BBM katanya sih gitu. Buka mulai jam 06.30 s/d 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Rp 18.000 /orang, sedangkan untuk yang mau Pre Wedding Rp 500.000 per pasangan. Untuk area parkir atas Rp 150.000 untuk Roda 4 (Roda 2 tidak bisa parkir diatas), sedangkan untuk area parkir bawah Roda 4 Rp 6.000, roda 6 Rp 20.000. Parkir di area atas lebih mahal karena ada biaya lingkungan yang diterapkan oleh pihak pengelola Kawah Putih.

3. Kampung Cai Ranca Upas
Jl. Raya Ciwidey - Patenggang KM 11 Rancabali, Ciwidey Bandung


Objek wisata alam yang menyediakan fasilitas wisata dan memiliki layanan outdoor activity seperti Camping Ground, Outboand dan Adventure. Pas banget buat ngajak keluarga atau teman untuk bermain diarena outdoor biar jadi sibolang sebentar.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey Bandung Rp. 10.000 per orang, sedangkan untuk kendaraan roda 2 (motor) Rp. 2000, kendaraan roda 4 (mobil) Rp. 5000 motor, kendaraan roda 6 (bus/truk) Rp. 20.000. Selain kolam renang di Ranca Upas juga tersedia Camping Ground dan penangkaran satwa yang dilindungi yaitu Rusa atau Mencek kalau kata orang Ciwidey, disini kamu bisa berinteraksi dengan rusa dengan memberikannya makanan seperti workel dan kangkung.

Untuk bisa kesini silahkan kontak marketingnya di www.rancaupas.com atau hubungi aja via sms : kang Ecep Upas 0853-2000-0743 atau kang Aang Upas 0821-2679-5857.

4. Pemandian air panas Cimanggu
Jl Raya Rancabali Ciwidey, Bandung 40973, Indonesia Telepon:+62 22 7278341

Taman Wisata Alam Cimanggu Hot Spring & Cottage atau kalau kata orang ciwidey Pemandian air panas Cimanggu termasuk wisata yang paling populer dikalangan wisatawan lokal daerah bandung itu sendiri. Di tempat ini ramai pengunjung ketika malam hari karena buka 24 jam tentunya, selain itu didepannya terdapat tempat jajanan yang bisa kita singgahi untuk istirahat sambil ngopi sejenak.

Untuk Harga Tiket Masuknya terbilang agak mahal dibandingkan tempat wisata di ciwidey lainya. Tiket masuk perorangan Rp 23.000, Perorangan Wisman Rp 100.000, Kendaraan Roda 2 Rp 8.500 Kendaraan Roda 4 Rp 18.500, Kendaraan Roda 6 Rp. 92.500, harga tersbut untuk hari libur (week end). Sedangkan hari biasa atau weekday  harga tiket masuk untuk perorangan Rp 16.000, Perorangan Wisman Rp 100.000, Kendaraan Roda 2 Rp 6.000 Kendaraan Roda 4 Rp 13.500, Kendaraan Roda 6 Rp. 67.500

5. Pemandian air panas Ciwalini
Jl Raya Rancabali Ciwidey, Bandung 40973 Telp. 022-5927057

Berbeda dengan Cimanggu yang buka selama 24 jam, Ciwalini hanya buka dari jam 06.00 s/d  17.00 setiap hari Senin sampai Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu jarang buka karena sedang dibersihkan oleh pihak Ciwalini, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.


Untuk Harga Tiket Masuknya terbilang hampir sama dengan Cimanggu. Tiket masuk perorangan Rp 20.000, Perorangan Wisman Rp 100.000, Kendaraan Roda 2 Rp 3.000 Kendaraan Roda 4 Rp 5.000, Kendaraan Roda 6 Rp. 20.000 sudah termasuk Voucher Teh bagi setiap pengunjung.

6. Taman Alam Situ Patenggang 
Jl. Situ Patenggang - Rancabali Ciwidey Bandung

Harga masuk ke Objek Wisata Alam Patengan Rp 20.000 perorang,  biaya parkir untuk motor Rp 3.500, untuk biaya Parkir mobil Rp 11.000, dan untuk Bis Rp 22.000. Disana banyak tempat parkir mobil dan di pinggir-pingir jalan menuju situ banyak toko souvenir. Selain menikmati pemandangan danau, kita bisa naik perahu untuk mengelilingi pulau Cinta.

Biaya naik perahu untuk mengelilingi pulau yang di tengah danau Rp. 10.000,- dan biaya naik perahu untuk ke pulau cinta Rp.15.000,- (ini biaya Pulang-Pergi). Tapi ini biaya perahu jika naik perahu bareng2 dengan orang lain. Kalau mau sewa langsung satu perahu harganya sekitar Rp.150.000 Situ Patenggang buka mulai jam 08.00 s/d 17.00 setiap harinya.


 

Akses Menuju Tempat Wisata Ciwidey

Untuk sampai ke tempat wisata di ciwidey banyak jalan alternatif yang bisa kita pakai. Buat kamu yang menggunakan Kendaraan Pribadi bisa keluar lewat :
1. pintu Tol Kopo - belok kanan arah ke Soreang - lanjut ke Ciwidey. (jalur utama)
2. pintu Tol Buah Batu - belok kanan arah Bojongsoang - ambil arah Banjaran - lurus arah Soreang - lanjut ke Ciwidey. (opsi jalur kedua)
3. pintu Tol Baros - begitu keluar tol langsung ambil ke kanan dan pertigaan berikutnya ambil arah ke kanan (arah Kerkhof atau Jl. Nanjung) - sampai pertigaan Kerkhof Jl. Nanjung - ambil ke kiri masuk Jalan Nanjung ke arah Jalak harupat Soreang - dari Soreang lanjut ke Ciwidey. (jalur alternatif terakhir).
Sedanngkan untuk kamu yang menggunakan Angkutan Umum, patokan dari :
a. Terminal Leuwi Panjang : Naik angkutan umum (angkot) Soreang Leuwi Panjang (arah soreang) - Turun terminal soreang - Naik Jurusan Ciwidey - turun terminal Ciwidey - Lanjut naik angkot Jurusan Ciwidey Situ Patenggang. 
b. Station Bandung : Naik Angkot yang ke arah Kebon Kelapa - (kalau bisa minta turun di perempatan IJAN, kalau tidak bisa naik angkot yang ke Leuwi Panjang dulu) - naik angkot Soreang Leuwi Panjang - Turun terminal soreang - Naik Jurusan Ciwidey - turun terminal Ciwidey - Lanjut naik angkot Jurusan Ciwidey Situ Patenggang.

Karena tidak mau report saya memilih untuk sewa mobil ketika sampai di terminal Leuwi Panjang, kebetulan saya sudah terbiasa untuk sewa mobil plus sopirnya sekaligus guide saya dan teman-teman yaitu Bapak Aden Suhandi (langganan dari semasa kuliah dulu di bandung). Nah buat kamu yang ingin menggunakan jasa beliau bisa juga silahkan di hubungi saja dinomor ini 0815.7142.490 Selain orangnya ramah, rajin beribadah beliau juga tidak merokok eith ... tapi tenang sob, kalau kamu merokok gak dilarang kok haha. Pokoknya recommended banget dah sepengalaman saya, untuk masalah Harga silahkan dinego aja langsung sama beliau. 


Tips Wisata di Ciwidey Bandung

1. Pastikan kamu membawa pakain hangat seperti Jaket atau sweeter, karena kondisi alam di ciwidey sangat dingin.
2. Sebaiknya datang dipagi hari agar tidak kepanasan ketika bermain atau berfoto ria di perkebunan teh Rancabali.
3. Kalau kamu mengunjungi Situ Patenggang dan ingin naik perahu, sebaiknya tawar menawar terlebih dahulu, karena harga yang ditawarkan biasanya berkisar Rp 15.000 perorang. Semakin banyak penumpang biasanya semakin murah.
4. Untuk mencari penginapan terdekat dan termurah, kamu bisa tanya langsung kepada penjaga loket tiap tempat wisata di Ciwidey karena lebih tahu dan menunjukan tempat yang terbaik buat kamu. Untuk masalah harga bisa nego langsung dengan penjaga tersebut.


Pengalaman saya berwisata di Ciwidey selama 3 hari sangat memuaskan terlebih kenapa saya memilih TEMPAT WISATA DI CIWIDEY BANDUNG karena kita bisa berwisata kebanyak destinasi dalam satu daerah yang berdekatan. Asikkan!! sekali GasPol dua tiga bukit terjamah - cheer's - and happy holidays guys.